Berikut ini Ulasan Macam Penyakit dan cara mengobati infeksi kulit

Image result for infeksi kulit

Bakteri dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi kulit. Tiga infeksi kulit umum yang mungkin Anda dan dokter temui adalah: (1) selulitis, (2) folikulitis, dan (3) impetigo. Perlu diingat bahwa infeksi kulit bervariasi dalam presentasi dan perawatan. Karena itu, penting untuk berbicara dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat.

Selulitis

Selulitis adalah infeksi yang melibatkan lapisan luar kulit. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai beta-hemolytic streptococcus atau Staphylococcus aureus. Anda mungkin mengalami rasa sakit, bengkak, nyeri tekan, kehangatan, dan kemerahan di area yang terinfeksi. Jika Anda memiliki kasus selulitis yang parah, Anda mungkin mengalami demam, kelelahan, dan penurunan tekanan darah. Jika tidak diobati, nanah dapat terbentuk dan sel-sel dapat mati di daerah kulit yang terinfeksi. Selulitis dapat melibatkan bagian tubuh mana pun tetapi paling sering menyerang kaki. Biasanya disebabkan oleh cedera pada kulit, seperti goresan atau gigitan binatang — ini memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Penyebab tambahan selulitis adalah kerusakan kulit di sekitar area anus, biasanya terlihat pada anak-anak. Ini dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan buang air besar yang menyakitkan.

cara mengobati infeksi kulit dengan Antibiotik oral yang digunakan untuk mengobati selulitis ringan; kasus yang lebih parah harus diobati dengan antibiotik intravena di rumah sakit. Antibiotik yang dapat digunakan termasuk sefalosporin, dikloksasilin, klindamisin, atau vankomisin. Pembengkakan dapat dikurangi dengan meninggikan area yang sakit, seperti kaki atau lengan. Agar selulitis tidak terjadi lagi, penting untuk tetap mengoleskan lotion pada kulit dan menjaga kebersihan kulit yang baik.

Folikulitis

Folliculitis adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan infeksi folikel rambut yang umumnya disebabkan oleh Staphylococcus aureus, menghasilkan jerawat merah. Anda mungkin mengalami kemerahan, nyeri tekan, atau pembengkakan di daerah yang sakit. Ini juga dapat menyebar ke bagian yang lebih dalam dari folikel rambut dan nanah dapat terbentuk, juga dikenal sebagai furunkel atau bisul. Carbuncles adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok folikel rambut yang terinfeksi. Folliculitis, furunkel, dan karbunkel dapat dilihat pada bagian tubuh mana pun yang memiliki rambut, seperti wajah, kulit kepala, paha, ketiak, dan daerah selangkangan. Ini termasuk area yang berjenggot atau dicukur.

cara mengobati infeksi kulit Folikulitis ringan dapat diobati dengan antibiotik topikal, seperti erythromycin, clindamycin, atau mupirocin. Infeksi yang lebih parah, seperti bisul dan furunkel yang lebih besar, mungkin memerlukan pemotongan bedah dan drainase di daerah yang terkena. Setelah drainase, penting untuk membersihkan area dengan sabun antibakteri; maka Anda harus menerapkan salep antibiotik ke bagian kulit yang terkena. Jika perlu, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik oral seperti sefalosporin atau dikloksasilin. Perlu diingat bahwa dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan bulanan dengan salep mupirocin jika Anda memiliki folikulitis yang terjadi berulang kali

Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit menular yang umumnya disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Meskipun infeksi ini dapat terjadi pada orang dewasa, paling sering terlihat pada anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun dan biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan orang lain yang memiliki infeksi. Anda mungkin mengalami kelembutan, gatal, luka, atau lepuh yang dapat pecah dan membentuk kerak berwarna madu. Ini dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh seperti wajah, lengan, atau kaki. Ini juga dapat mempengaruhi bagian tubuh yang lembab, seperti ketiak, lipatan leher, dan area popok.

cara mengobati infeksi kulit Impetigo dapat diobati dengan salep topikal atau antibiotik oral. Mupirocin adalah salep khas yang mungkin diresepkan oleh dokter Anda. Antibiotik oral seperti penisilin atau sefalosporin digunakan untuk infeksi yang lebih parah. Untuk mencegah penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain, hindari menggaruk lecet atau luka. Karena impetigo sering terlihat pada anak-anak, mungkin bermanfaat untuk memotong kuku dan menutupi bagian tubuh yang terkena dengan perban atau kain kasa. Penting juga untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain dalam kontak dekat dengan tidak berbagi hal-hal seperti selimut, linen, mainan, atau pakaian.

Bagaimana dengan Infeksi MRSA?

MRSA adalah singkatan dari Staphylococcus aureus yang resisten methicillin. Ini adalah bentuk bakteri Staphylococcus aureus atau “staph” yang kebal terhadap antibiotik tertentu. Ini ditularkan dengan secara langsung menghubungi orang yang terinfeksi, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, atau berbagi barang-barang pribadi yang telah bersentuhan dengan kulit yang terinfeksi. MRSA adalah masalah besar di rumah sakit atau fasilitas perawatan kesehatan (seperti pusat dialisis dan panti jompo). MRSA juga dapat menginfeksi orang-orang di masyarakat, seperti anak-anak di pusat penitipan anak dan anak-anak yang terlibat dalam olahraga yang melibatkan kontak dekat. Ini dikenal sebagai MRSA terkait komunitas atau CA-MRSA.

sumber :

sumber gambar